National English Olympiad: SMAK Kesuma Mataram Excels in Olympiad and Debate

National English Olympiad: SMAK Kesuma Mataram Excels in Olympiad and Debate Keely Michiko M (XD) Juara 3 National English Olympiad 20224

Mataram, 19-20 Januari 2024 - Lomba Olimpiade Bahasa Inggris Nasional atau National English Olympiad yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan Nusa Tenggra Barat dan Rumah Bahasa (LPPNTB) bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pendidikan NTB telah sukses digelar. Kegiatan ini mempertemukan para pelajar SMA dari seluruh Indonesia dalam persaingan Bahasa Inggris yang ketat.


Kegiatan ini diadakan secara daring untuk babak penyisihan, dan secara langsung di Taman Budaya Mataram untuk babak semifinal dan final pada Sabtu dan Minggu, 19 dan 20 Januari 2024. Meskipun diadakan secara online dan offline, Lomba Olimpiade Bahasa Inggris Nasional tetap menarik perhatian peserta dari berbagai penjuru tanah air.
Lebih dari 390 peserta dari berbagai SMA negeri dan swasta, termasuk peserta dari NTB, Indonesia bagian Barat, Jakarta, Bandung, Tangerang, Bali, dan Jawa Tengah, berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka menunjukkan keterampilan Bahasa Inggris mereka melalui berbagai tahap kompetisi, mulai dari babak penyisihan daring hingga semifinal dan final yang diadakan secara langsung.


SMA Buinbatu Sumbawa meraih juara 1 di Olimpiad, disusul oleh SMAN 8 Jakarta sebagai juara 2, dan SMAK Kesuma Mataram berhasil memperoleh posisi prestisius sebagai juara 3 dengan Keely Michiko Mulyanto (XD) sebagai perwakilan yang gemilang.
Tidak hanya itu, SMAK Kesuma Mataram juga menunjukkan keunggulan di bidang debat pada ajang Debat Bahasa Inggris DMotion MAN 2 mataram. Tim debat SMAK Kesuma berhasil meraih juara 1 dan 2. Tim juara 1 terdiri dari:
1. Loren Valentino V (XC)
2. Keely Michiko M (XD)
3. Michaela Faustine Rianto (Xl C)
Sementara itu, tim juara 2 terdiri dari:
1. Jessica Violet Issabel (12 IPS 1)
2. Josephine Maylin (12 IPA 1)
3. Arlana Waty (11 IPA B)

Pelatih dan guru pendamping dari SMAK Kesuma Mataram, menyampaikan pesan inspiratif kepada para peserta, "Practice makes perfect," mengajak mereka untuk terus berlatih dan mengasah kemampuan Bahasa Inggris mereka demi meraih prestasi yang lebih tinggi di masa depan. Harapannya, "Semoga event seperti ini bisa diadakan setiap tahunnya untuk meningkatkan jiwa kompetitif siswa ." Pesan ini mencerminkan semangat dan komitmen untuk terus mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris para siswa di SMAK Kesuma Mataram. Selamat kepada seluruh tim dan peserta atas prestasi gemilang!

  • Bagikan: