Projek Tema 5 Suara Demokrasi (Suaramu, Ekspresimu: Pemilu Capres & Cawapres Projek SMAK Kesuma Mataram.

Projek Tema 5 Suara Demokrasi (Suaramu, Ekspresimu: Pemilu Capres & Cawapres Projek SMAK Kesuma Mataram. Pasangan Capres dan Cawapres Projek Tema 5 yang terpilih

Tema projek kali ini adalah tema 5 suara demokrasi dimana siswa diberikan wadah untuk dapat mengemukakan pendapatnya sehingga bisa belajar berdemokrasi. Secara keseluruhan, tujuan kegiatan ini adalah siswa dapat belajar untuk menggunakan hak suara nya dalam mewujudkan masyarakat yang berdemokrasi, sebagai ajang implementasi Kurikulum Merdeka dalam menjabarkan nilai-nilai demokrasi sehingga terbentuklah peserta didik yang memiliki karakter sesuai asas Pancasila, untuk menjadi bekal atau modal bagi peserta didik saat nantinya terjun bermasyarakat dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat, dan terciptanya siswa atau siswi yang memiliki karakter sesuai asas Pancasila.

Waktu kegiatan adalah di Bulan Oktober – November 2023 tahun kemarin dengan sistem blok selama 2 Minggu dengan total waktu 55 jam. Lokasi kegiatan seluruhnya dilaksanakan di SMAK Kesuma Mataram.

peserta kegiatan suara demokrasi adalah seluruh kelas XI (142 siswa). Kegiatan ini di koordinasi oleh bu Nilaa dan 5 guru pembimbing / pendamping projek kelas (Pak Elpis, Bu Fitri, Bu Ofin, Bu Intan, Pak Khanna) beserta beberapa guru pemateri kelas XI.

Kegiatan ini dimulai dengan Pengenalan (Konsep dasar dan teori tentang Suara Demokrasi dan Kepemimpinan), Kontekstualisasi (Pembentukan partai dan mempersiapkan visi misi oleh setiap calon), Eksplorasi (Membuat poster kampanye beserta perlengkapan pemilu), Aksi (Mengadakan debat capres, pemungutan suara / pemilu), dan Tindak Lanjut (Melakukan Refleksi Kegiatan & Pengayaan). Kegiatan ini juga ditutup oleh pembuatan laporan projek per-kelas sebagai laporan dan pertanggung jawaban tertulis siswa.

Adapun hasil yang dicapai terciptanya / terpilihnya Capres dan Cawapres Projek Tema 5 yang memiliki karakter pemimpin yang dipilih oleh seluruh siswa beserta guru dan karyawan di SMAK Kesuma Mataram. Para pemimpin ini nantinya akan menjadi ketua projek dan coordinator umum di projek Tema 6.

   

  • Bagikan: